Langsung ke konten utama

Cara Mengeringkan Luka Bernanah dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

5 Cara Mengeringkan Luka Bernanah dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

Cara Mengeringkan Luka Bernanah
Obat Luka – Luka bernanah mungkin menjadi luka luar yang pernah Anda alami atau bahkan sedang Anda alami. Perlu diketahui, luka bernanah yang Anda alami tersebut merupakan luka yang telah terinfeksi dan menjadi parah karena tidak segera diobati. Biasanya, luka bernanah tersebut tidak selalu dikarenakan oleh kecelakaan besar. Luka bernanah bisa saja terjadi karena luka kecil yang tidak segera diobati dan kemudian menjadi radang. Banyak orang yang mengatakan jika cara mengeringkan luka bernanah adalah sebuah hal yang sangat sulit. Untuk itulah kali ini kita akan membahasnya secara lengkap pada beberapa segmen di bawah ini.

Namun sebelum lebih lanjut membahas mengenai cara mengatasi atau mengeringkan luka bernanah secara cepat tersebut, ada baiknya Anda memahami mengenai luka bernanah ini lebih banyak. Selain sakit dan membuat pegal, luka bernanah juga terlihat menjijikan sehingga memang bisa membuat orang lain tidak nyaman untuk melihatnya. Beberapa cara mengeringkan luka bernanah yang akan dijelaskan kali ini merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan sederhana. Baiklah, langsung saja simak ulasan Tips Kebugaran di bawah ini.

Tips Cara Mengeringkan Luka Bernanah


1. Bubuk Kopi

Cara mengeringkan luka bernanah yang pertama ini mungkin terdengar aneh bagi Anda yang masih awam dalam dunia medis. Namun bubuk kopi yang memiliki sifat anti bakteri diyakini mampu mengeringkan luka bernanah yang Anda alami secara cepat. Luka benanah sendiri memang biasanya timbul karena bersarangnya bakteri Methicillin resistant starhylococcus aureus.

Cara menggunakan bubuk kopi untuk mengeringkan luka bernanah ini pun sangatlah mudah yakni Anda hanya perlu menaburkan bubuk kopi hitam tersebut pada luka yang sedang bernanah. Namun, perlu diingat jika bubuk kopi yang digunakan adalah bubuk kopi murni yang masih belum dicampur dengan gula atau penyedap lainnya.


2. Garam dan Air Hangat

Garam memang sudah menjadi rahasia umum mampu menyembuhkan berbagai macam luka luar karena sifatnya yang mampu membunuh bakteri. Begitu pula dengan luka bernanah yang sudah cukup parah, Anda pun bisa memanfaatkan garam dengan dicampur air hangat. Cara mengeringkan luka bernanah menggunakan garam ini pun sangat mudah.

Garam dan Air Hangat Cara Mengeringkan Luka Bernanah

Anda hanya perlu melarutkannya ke dalam air hangat hingga tercampur dengan komposisi yang seimbang. Gunakan air campuran garam tersebut untuk membersihkan dan membasuh luka bernanah yang Anda alami. Lakukanlah secara rutin 3 kali dalam sehari maka dipastikan luka bernanah yang Anda alami perlahan-lahan akan mengering. Perlu diingat penggunaan garam untuk luka akan terasa sangat perih, namun efek yang dirasakan tidak akan lama.

 Baca Juga : Memilih Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh 

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dikenal sebagai obat oles yang ampuh digunakan untuk menghangatkan badan ketika terkena masuk angin. Namun, khasiat minyak kayu putih ini tidak hanya untuk menyembuhkan masuk angin saja. Minyak kayu putih diketahui dapat digunakan dalam cara mengeringkan luka bernanah secara cepat. Hal ini karena minyak kayu putih memiliki kandungan analgesik yang mampu meredakan nyeri dan disinfektan yang mampu mengobati infeksi.

Cara menggunakan minyak kayu putih untuk mengeringkan luka bernanah ini sendiri sangatlah mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengoleskan atau membersihkan luka yang Anda alami secara perlahan dengan minyak kayu putih secara menyeluruh.

4. Kunyit

Obat mengeringkan luka bernanah dengan menggunakan bahan alami yang selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan kunyit. Bahan alami yang satu ini diketahui memiliki kandungan antibiotik yang mampu membuat luka dan infeksi cepat mengering dan sembuh. Namun, untuk menggunakan kunyit sebagai pengering luka bernanah Anda juga harus mencampurkannya dengan bahan lainnya.

Caranya adalah dengan memeras kunyit dan ambil sarinya, kemudian oleskan air kunyit tersebut pada luka bernanah yang Anda alami. Namun, sebelum melakukan hal tersebut bersihkan terlebih dahulu luka bernanah yang Anda alami dengan menggunakan campuran air hangat dan garam. Lakukan hal tersebut secara rutin agar luka yang Anda alami cepat mengering dan sembuh.

 5. Bawang Putih

Bawang putih memang diketahui memiliki kandungan antibiotik yang cukup tinggi, sehingga tidak heran jika bahan yang satu ini juga bisa digunakan dalam cara mengeringkan luka bernanah. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni hanya dengan menumbuknya hingga halus dan mengoleskannya pada luka yang Anda alami. Diamkan ramuan bawang putih tersebut pada luka yang dialami selama beberapa jam. Jika Anda merasakan gatal maupun perih pada luka yang diolesi ramuan, jangan khawatir! karena hal tersebut merupakan tanda ramuan sedang bekerja.

Nah, itulah beberapa cara mengeringkan luka bernanah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda dapatkan di sekitar rumah. Dengan menggunakan beberapa bahan di atas secara rutin, Anda akan mampu mengatasi luka bernanah yang di derita dengan cepat. Tidak hanya itu saja, karena merupakan bahan alami, sehingga resiko atau efek samping yang ditimbulkan pun lebih minim ketimbang Anda menggunakan bahan kimia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Komentar